日本財団 図書館


 

menimbulkan dampak yang serius terhadap lingkungan, seperti pencemaran sungai, erosi, perusakan oleh garam dan memburuknya mutu lahan pertanian.
Tidak ada harapan bagi pertambahan produksi lebih lanjut dengan penggunaan pupuk kimia dan pestisida.

 

51. Kawasan Industri dan Pelabuhan di Jepang
Sebab kedua mengapa kenaikan produksi pangan tidak dapat diharapkan adalah karena menyusutnya terus lahan yang dapat diolah. Bersamaan dengan meluasnya industrialisa.si, lahan-lahan yang subur menghilang satu per satu akibat pembangunan jalan raya dan daerah perumahan, perluasan pelabuhan dll.

 

52. Jalan Bebas Hambatan Melalui Lahan Pertanian
Di Jepang dalam waktu 30 tahun mulai tahun 1960, sebanyak 824.000 hektar, atau 13,3% dan seluruh lahan pertanian yang ada telah lenyap. Dan pada tahun 1993, negara mi perlu mengimpor 77% dan seluruh konsumsi padi-padian dan biji-bijiannya.

 

53. Perumahan di Tengah Ladang. Grafik Penyusutan Lahan.
Begitu juga di Cina, tanah lahannya telah sangat menyusut. Grafik ini menunjukkan penyusutan sejak tahun-tahun 1980-an. Pada tahun-tahun '80-an itu tanah yang lenyap setiap tahunnya ada 300.000 hektar, seluruhnya berjumlah 3,73 juta hektar. Kecenderungan mi berjalan terus dalam tahun-tahun 1990-an, dan sampai tahun 1994, kira-kira 570.000 hektar lahan pertanian sudah dirubah menjadi daerah industri, fasilitas rekreasi, tambak ikan dsb.

 

54. Lahan Pertanian yang Luas di Cina
Lagi pula, 80% dan penyusutan tanah terjadi di daerah-daerah

 

 

 

前ページ   目次へ   次ページ

 

 






日本財団図書館は、日本財団が運営しています。

  • 日本財団 THE NIPPON FOUNDATION